Rabu, 28 Desember 2011

#35BusinessPlan

Kultwit by : @EntrepreneursID

1. Selalu mulai usahamu dgn keyakinan dan jgn lupa utk libatkan Tuhan. Dia yg akan memberi kesuksesan #35BusinessPlan
2. Tuliskan tujuan bisnismu ada, buat deskripsi simple ttg bisnismu, bergerak dbidang apa. #35BusinessPlan
3. Pilih jenis bisnis yg akan djalankan. Barang atau jasa, usahakan sesuai dg skill atau minat #35BusinessPlan
4. Tentukan merek yg akan dpake. Merek ini mrupakan representasi dr bisnismu. Merek akan jd aset pnting #35BusinessPlan
5. Pilih merek yg sesuai dg karakter produk & bisnismu, usahakan yg simple, menarik dan mudah diingat. #35BusinessPlan
6. Next buat analisa SWOT: penting utk analisa lingkungan & pesaing usaha. Dan STP: utk fokus bisnismu #35BusinessPlan
7. SWOT: Strenght (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunity (kesempatan), Threat (ancaman dr luar) #35BusinessPlan
8. Strength: analisa kekuatan kita – misal: harga produk kita lebih murah, apakah tempat strategis dll #35BusinessPlan
9. Strength ini harus ditonjolkan dlm materi promosi. Ini bisa jadi kelebihan kita dbanding pesaing #35BusinessPlan
10. Weakness: analisa klemahan kita – misal tdk punya lahan parkir, karyawan blum pengalaman dll #35BusinessPlan
11. Weakness ini kita antisipasi dg preparation yg lebih baik & lakukan strategi utk mngurangi klemahan #35BusinessPlan
12. Opportunity: kesempatan – misal, prod kita brpotensi utk diekspor, jenis produk msh bs berkembang #35BusinessPlan
13. Jadikan opportunity ini sbg langkah di saat mendatang utk mengembangkan bisnis agar makin sukses #35BusinessPlan
14. Threat: Ancaman dr luar – misal one day mungkin akan ada pesaing, supplier makin sedikit, cuaca dll #35BusinessPlan
15. Utk threat ini, buatlah plan b sebagai antisipasi jikalau ancaman ini benar2 terjadi #35BusinessPlan
16. Selanjutnya buat analisa STP: Segmenting, Targeting & Positioning. Tujuannya utk fokus bisnismu #35BusinessPlan
17. Segmenting: menentukan market dg cara di bagi segmen: Lokasi, age, social class – low, medium, hi #35BusinessPlan
18. Segmenting: misalnya penentuan market social class, low, medium, hi. Diberikan produk yg brbeda jg #35BusinessPlan
19. Segmenting ini utk mnentukan target market: shingga strategi produk kita bs sesuai dg target market #35BusinessPlan
20. Targeting: Pemilihan market dari segmen2 yg sudah ditentukan. Sehingga strategi bs fokus #35BusinessPlan
21. Setelah Segmenting dan Targeting dtentukan, selanjutnya Positioning: Gambaran dr bisnis kita #35BusinessPlan
22.Positioning ini cthnya: D’cost – seafood dg harga trjangkau. Shingga image ini trtanam dbenak knsumen #35BusinessPlan
23. Selanjutnya persiapkan 7P: Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical evidenve #35BusinessPlan
24. Konsep produk harus disiapkan dg detail. Variannya, jenisnya, kemasannya dll #35BusinessPlan
25. Tetapkan harga yg sesuai dg analisa keuntungan. Sesuaikan harga dg target market yg dtuju #35BusinessPlan
26. Strategi pricing: harus value for money utk konsumen – harga sesuai dg kualitas yg dtawarkan #35BusinessPlan
27. Place: jika baru mulai, usahakan cari lokasi strategis. Analisa potensi pelanggan yg akan brkunjung #35BusinessPlan
28. Promosi: persiapkan strategi promosi dg baik – offline strategi (brosur, print ad, sales promo) #35BusinessPlan
29. Promosi yg lowcost tp impactful – online strategi: social media – fb, twitter, blog, youtube #35BusinessPlan
30. People: psiapkan karyawan-training dg baik, krn playanan dr karyawan sgt mnentukan kpuasan konsumen #35BusinessPlan
31. Process: dlm bid jasa misal resto hrs dipsiapkan prosedur proses pmbuatan makanan dr awal hgga akhir #35BusinessPlan
32. Physical evidence: persiapkan smua peralatan, perlengkapan utk usaha. Gunakan kualitas tbaik #35BusinessPlan
33. Selanjutnya lakukan prediksi analisa keuntungan. Buat target sales dan target kpn BEP #35BusinessPlan
34. Tetapkan jadwal kapan setiap proses dipersiapkan. Tetapkan jadwal kapan launching #35BusinessPlan
35. Usahakan agar setiap proses #35BusinessPlan ini dpersiapkan dg didampingi mentor atau yg sudah brpengalaman.

1 komentar:

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Posting Komentar

 
;