Rabu, 28 Desember 2011

#Tipping

Kultwit by : @KataJURAGAN

Apa sih Tipping Point itu? Hal2 kecil, yg mungkin kita lupakan, pdhl bisa membuat KEAJAIBAN pada penjualan Anda!!! #Tipping
Trus aplikasi/kegunaanya? Bisa melejitkan produk, merk, jasa anda hanya dalam waktu yg sangat singkat!! #Tipping
Sukses berPOLA… dg menemukan POLA sukses & menerapkannya, akan mempercepat kesuksesan kita.#Tipping
Strategi ini spt menyebarkan Virus Produk anda dg cepat, bertahan lama & seolah tak terbendung… #Tipping
Mungkin sj kesuksesan suatu brand spt Maicih, Sour Sally dll, seolah tak sengaja. Namun itu semua berPOLA! #Tipping
Mrk memiliki kesuksesan melejitkan brand mrk hanya dlm waktu yg sangat singkat, mungkin sj tanpa sengaja… #Tipping
Namun alangkah sulitnya menunggu dtgnya KEAJAIBAN itu dr langit. Knapa tdk kita ciptakan KEAJAIBAN itu dg sengaja… #Tipping
Nah, apa saja elemen2 Keajaiban Tipping Point itu? Sy bagi menjadi 7 hal yg pokok… Siap2 yaa… #Tipping
1. Faktor Kelekatan; suatu yg berbeda, juga ngangenin, seolah kecanduan… #Tipping
1a.Bisa jd keletatan tsb bkn sesuatu yg sempurna, bisa jadi sesuatu kegagalan spt brownies. #Tipping
1b.Brownies, kue kecoklatan, adlh produk gagal yg kelupaan diberi baking powder, hingga bantat. #Tipping
1c.Msh ingat dg cuplikan film badmash company ttg baju yg stiap kali dicuci tambah luntur? Yg sy putar di seminar lalu? #Tipping
1d.Luntur itu adlh persepsi/cara pandang. Dg komunikasi yg tepat, LUNTUR bisa dikatakan ‘Ganti Warna’. #Tipping
1e.Smakin luntur tiap dicuci–> Ganti warna tiap kali dicuci! Paham? #Tipping
1f.Itulah yg disebut POSITIONING yg kuat. Sesuatu yg terjadi pd BENAK konsumen, bkn PRODUK anda. #Tipping
1g.Nah, pembeda itu bs di konten (produknya), bs jg di konteks (kemasannya). Bisa jg dua2nya… #Tipping
1h.Nah, menjadi beda aja gak cukup, kalo tak berdampak ngangenin (baca: kecanduan)! #Tipping
1i.Kalo pergi ke Palembang, gak sah kalo gak makan pempek–>Kelekatan #Tipping
1j.Kalo ke Medan, gak klop kalo gak beli Bolu Meranti, Bika Ambon Hj. Zulaikha –> #Tipping
1k.Jgn bilang ke Batam, kalo pulang gak bawa Oleh2 Khas Batam, Kek Pisang Villa –> #Tipping
1l.Mau jd juragan? Yaa folo @JayaYEA donk ahh…. #Tipping
1m.Faktor kelekatan itu kadang tak brarti yg besar2, tp bisa yg kecil2 tp ngangenin gitu lho… #Tipping
1n.Nah, kelekatan itu bs original, bs diciptakan dr hasil survei!!! u/ jelasnya, baca ebook YEAmarket yg di YEA-Indonesia.com #Tipping
1o.Contoh lain yaa, guru sy Purdi E Chandra, mnrt sy adlh pembicara seminar terjelek di dunia. Suka usap2 hidung..>> #Tipping
1p.>>kalo ngomong pelan2, naikkan celana yg mlorot, tp jg lucu! Nah, itu 1 paket kemelekatan yg ngangenin… #Tipping
1q.Jd kemelekatan itu keunikan, kekhasan yg tak ditemukan di lain tmpt atau produk. Apa kekhasan anda yg ngangenin? #Tipping
2.Promo yg EKSTRIM; Bagaimana penyampaian pesan, lebih berdampak dari pesan itu sendiri… #Tipping
2a.Langkah 1, mempersiapkan produk yg melekat adlh upaya pembenahan internal, langkah 2 mengkampanyekan dg nyleneh. #Tipping
2c.Spt Kripik Maicih, dg kelekatan pedesnya, dipadu distribusi yg ‘Gak Umum’–>melalui twitter, dg Jendral Ngesotnya>> #Tipping
2d.>>menghasilkan sensasi yg diomongkan byk org! Bisa tak sengaja, bisa juga direncanakan. #Tipping
2e.Skali lg, Kripik pedas adlh hal biasa, tp dg nama MAICIH, dipadu dg LEVEL PEDAS spt main GAME…>> #Tipping
2f.>>Digenjot dg CARA JUAL yg NYLENEH + PROMO yg tepat, jadilah 1/2 Formula #Tipping Point.
2h.Di jaman org jual kripik di konter2, Maicih milih jual via twitter, konternya nomaden (pindah2) lagi. Ini yg buat penasaran. #Tipping
2i.Blm ditambah dg istilah yg uniq: Jendral Ngesot, tambah jd anchor (faktor kelekatan) Maicih di benak konsumen. #Tipping
2j.Namun ingat, itu semua bisa jadi bumerang jika ‘Dalam’nya tak dikuatkan dahulu! #Tipping
2k.’Dalam’–> Selain standar rasa, servis jg hrs terjaga. Terpenting adlh ketersediaan stok!!! #Tipping
2l.Bisa jadi, saat pelanggan ‘ngidam’, cari gak dapet2, eh ada produk serupa, coba deh, enak pula–> Switch ke merk lainnya. #Tipping
2m.Ingat lho, jgn katakan resep anda tak tertandingi. Buat pesawat aja bisa, aplg sekedar kripik. #Tipping
2n.Janjikan apa yg anda dpt berikan. Alangkah baiknya memberi lbh drpd apa yg dijanjikan. #Tipping
2o.Contoh lain: trik promo yg digunakan LELE LELA, u/ mengundang penasaran pengunjung adlh memesan papan ucapan saat pembukaan. #Tipping
2p.10 papan ucapan yg besar2, tertulis perush seluler, bank dll, pdhl @RanggaUmara sendiri yg pesan. Why? #Tipping
2q.Biar org yg lwt mengira, Wah ini pasti resto terkenal nih, sampe perush2 besar kirim bunga. Pdhl kirim sendiri tuh. #Tipping
2r.Aplg ditambah byknya org yg antri, motor&mobil yg parkir. Pdhl bisa jd mrk bayaran atau tmn2 yg digratisin. #Tipping
2s.Gunakan pola berfikir terbalik,”Kalo rame–>Enak”, ya udah, buat rame aja, biar dikira enak! #Tipping
2t.Intinya… Buat Efek Shocking di mata calon pelanggan. Ide promo yg Nyleneh, tapi harus FRESH, bukan ikut2an!!! #Tipping
3a.Produk meLeKat, Promo meMiKat, tanpa penyebar virus, hanya akan dilupakan dlm semalam! #Tipping
3b.Nah, para penyebar virus ini haruslah org2 atau media yg bisa lintas sosial, bhkn lintas area, agar gaungnya kemana2. #Tipping
3c.Dlm dunia twitter, ada namanya inner circle! Pokoknya hal2 heboh yg anda twit, hampir selalu mrk RT. Tp itu tak cukup. #Tipping
3d.Anda hrs punya ‘inner circle’ yg bertipe ‘Konektor’ atau penghubung lintas sosial, wilayah dan berpengaruh. #Tipping
3e.Konektor ini seakan kenal hampir semua org yg anda sebut. Jika toh tak kenal lgsg, ia dpt dg cepat mencari org yg kenal. #Tipping
3f.Dia penghapal nama2 org, menyimpan nmr hp, memiliki jaringan yg sangat luas & tentu senang berjumpa org. #Tipping
3g.Test1: jk anda berikan 250 nama blkg org, dia mampu menuliskan nama2 depan org tsb dg score yg tinggi. #Tipping
3h.Test2: jk anda minta ia mencari 3 nmr hp dari 3 profil yg berbeda, dia akan menemukan dlm waktu singkat! #Tipping
3i.Nah, jk org2 spt ini mendengar kabar kehebohan produk & promo anda, dia akan merefer ke kawan2nya. Bkn krn duit, tp berbagi! #Tipping
3j.Namun, jk anda mengecewakannya, jg akan jd mesin penghancur nama anda, krn ia sangat berpengaruh & berkicau :p #Tipping
3k.Org itu bisa jg trend setter, spt Syahrini dg “Alhamdulillaah yah… Sesuatu banget…”–> Kayak Virus kan? #Tipping
3l.Bisa jg brupa media, spt bb, dg broadcastnya! Msh ingat ttg kasus Indomie yg dilarang di Taiwan? PR mrk menetralisir melalui BBM #Tipping
3m.Atau mass media konvensional, bak keajaiban Infotaintment… #Tipping
3n.Tak hrs mahal, tp harus tepat sasaran. Jk target pasar anda serupa dg pengguna twitter, ya gunakan twitter. #Tipping
3o.Jgn sampe memancing di kolam yg salah yaa… Targetnya emak2, eh jual pake twitter. #Tipping
3p.Ingat langkah 3, tak akan menyebar virusnya tanpa kelengkapan langkah 1 & 2!!! #Tipping
4.Penjual/distribusi yg siap;Jgn jd bumerang & malah mengkayakan kompetitor. #Tipping
4a.Nah, stlh pandai mencari bola, jgn lupa kesiapan menangkap bola. Jgn sampe stlh bola dioper ke kita, malah org lain yg tangkap! #Tipping
4b.Pastikan ketersediaan stok & distribusi bisa meng-cover permintaan. Blh kadang abis, biar penasaran, tp jgn terus2an. Knapa? #Tipping
4c.Krn kalo terus2an gak ada, pelanggan bete jg & akan switch ke merk lainnya. #Tipping
4d.Jgn jg jadi penjual ‘Grup Tempo’ alias Tempo2 Buka, Tempo2 Tutup, alias Sakpenake Udele Dewe–> terjemah sendiri. #Tipping
4e.Selain pengadaan, juga pelayanan. Tak hrs wah, tp harus ramah, kecuali anda jual Soto Gebrak! #Tipping
4f.Bgmnpun pembeli jg manusia, punya rasa, punya hati… #Tipping
5.Keyakinan untuk Konsisten;Keajaiban terjadi saat org percaya & mengupayakannya… #Tipping
5a.Teringat kisah Paman Kirbi dlm buku Think & Grow Rich, seorg penambang emas. #Tipping
5b.Stlh menggali cukup lama, ia menyerah. Bbrp saat stlh itu, org lain menemukan tambang emas besar, hy bbrp meter dr ia berhenti. #Tipping
5c.Mungkin malaikat tak selalu lewat membantu kita. Tp jk kita konsisten, saat malaikat lewat, kita sdh siap! #Tipping
5d.Bisa jd langkah Tipping yg kita tempuh salah, hingga tak menjadi virus, ya tetap bersabar dg re-strategi. #Tipping
5e.Keberuntungan datang bagi org2 yg menggalang kesiapan2… #Tipping
5f.Mungkin ada baiknya anda tak lgsg sukses besar, agar fondasi anda kuat & tak takabur. #Tipping
5g.Anda bisa Kaya Instan dg kecanggihan formula ini, tp anda tak bisa Bijak Instan… #Tipping
5h.Selamat mencoba… F!GHT #Tipping

0 komentar:

Posting Komentar

 
;